Transaksi Aman Pakai Mesin EDC Untuk Pembayaran

Semakin banyak gerai atau merchant di Indonesia yang sekarang ini menawarkan layanan pembayaran secara cashless, baik itu dengan mengandalkan mesin EDC maupun dengan menggunakan kode QRIS. 

Mesin EDC sendiri tentunya bukan hal yang baru bagi Anda, karena sudah sering menjumpainya saat melakukan pembayaran atau belanja. Mesin ini kecil dan dapat dipakai untuk membaca berbagai jenis kartu, mulai diantaranya adalah kartu kredit hingga kartu debit.

Permudah Transaksi dengan Mesin EDC

Permudah Transaksi dengan Mesin EDC


Lalu dimana bisa mendapatkan mesin EDC ini? pada dasarnya sarana tersebut diterbitkan oleh lembaga pembiayaan atau bank, di Indonesia sendiri rata-rata perbankan besar memang sudah menawarkan layanan ini jika toko mau bergabung sebagai merchant, termasuk salah satunya adalah dari bank BCA. 

Tentu sudah tidak asing dengan nama yang satu ini, dikenal sebagai perbankan swasta terbesar yang ada di Indonesia. Banyak produk keuangan dari bank BCA yang sengaja dibuat untuk para pelaku usaha atau orang-orang yang sedang menjalankan bisnis.

Selain dengan memberikan mesin EDC, Anda yang sudah tergabung dalam merchant nantinya juga berhak untuk mengajukan permintaan dalam pembuatan kode QRIS yang digunakan untuk pembayaran juga. Tentu dengan adanya transaksi berbasis cashless ini di dalam toko atau bisnis Anda maka memungkinkan untuk bisa meningkatkan penjualan. Apalagi masyarakat saat ini rata-rata memang lebih menyukai jenis transaksi secara cashless dibandingkan dengan langsung.

Lalu bagaimana dengan keamanan transaksi menggunakan mesin EDC ini? pada dasarnya aman-aman saja dilakukan baik itu oleh para seller maupun juga pembeli. Namun tetap ada resiko yang tidak dapat diprediksi nantinya. Guna mencegah resiko-resiko ini maka ketahui tips aman transaksi lewat mesin EDC, baik itu untuk pembeli maupun penjual, yaitu:

Bagi pembeli


Pastikan menutupi dengan tangan saat memasukkan PIN kartu, saat melakukan pembayaran belanja pakai mesin EDC, nantinya kasir akan meminta untuk memasukkan kode PIN untuk melakukan konfirmasi pembayaran tersebut. Agar PIN tersebut tidak terlihat oleh orang lain, maka penting bagi Anda untuk menutupi menggunakan tangan pada saat mengaksesnya.

Pastikan bahwa kartu yang Anda pakai untuk bertransaksi tersebut tidak pernah berpindah tangan, baik itu kartu kredit maupun kartu debit harus tetap aman dan berada di dalam pengawasan Anda sendiri, sehingga harus selalu dipantau, jangan lepas dari pengawasannya.

Usahakan untuk mengonfirmasi total tagihan dengan nominal yang dimasukkan dalam mesin pada saat melakukan pembayaran, karena terkadang kecurangan dilakukan disini ketika pembeli tersebut sedang lengah, mungkin jumlah yang dilebihkan tidak banyak, namun tetap saja akan merugikan Anda sebagai pembeli bukan.

Bagi penjual


Selalu mengonfirmasi lagi jumlah tagihan yang dimasukkan kepada pembeli, saat melakukan transaksi menggunakan mesin EDC, maka penting untuk penjual, khususnya adalah bagian kasir yang menerima pembayaran untuk teliti, tidak lengah di dalam memasukkan nominal tagihan kepada pembeli tersebut. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan dengan cara memasukkan nominal uang tagihan dengan salah, apalagi jika sampai kurang, karena bisa saja nantinya akan dikenai dengan denda atau sanksi oleh owner.

Simpan bukti pembayarannya, sebagai bagian untuk konfirmasi, maka baik itu pembeli maupun penjual hendaknya menyimpan bukti pembayaran atau transaksi yang sudah dilakukan lewat mesin EDC ini, buktinya adalah dalam bentuk kertas kecil, dimana ini nantinya akan digunakan atau dipakai untuk merekap hasil pembayaran selama satu hari tersebut.

Pastikan untuk selalu mengecek ulang dan melihat apakah uang tersebut sudah masuk ke rekening ataukah belum, takutnya sudah ada notifikasi namun ternyata dana belum masuk. Hindari melanjutkan transaksi pada saat mesin sedang bermasalah, terkadang ada kondisi mesin EDC ini error atau mengalami kendala.

Mesin EDC ini nyatanya sangat membantu kerja dari kasir karena akan membuat pembayaran jadi semakin cepat dan mudah. Namun tetap harus berhati-hati saat melakukan transaksi disini. Pastikan menjalin kerjasama dengan bank BCA untuk mendapatkan mesin EDC, mudah karena sekarang ini pengajuannya dapat dilakukan lewat sebuah aplikasi yang mudah ditemukan, diantaranya adalah Merchant BCA, bisa langsung download dan gunakan aplikasinya.
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Saya adalah seorang tenaga kesehatan yang suka menulis, membaca dan mempelajari hal-hal baru. Alamat surel: karuniasylvianysambas@gmail.com

Posting Komentar untuk "Transaksi Aman Pakai Mesin EDC Untuk Pembayaran"